Penyebab Rem Depan Keras dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rem Depan Keras dan Cara Mengatasinya
Penyebab Rem Depan Keras - Rem adalah komponen penting dalam kendaraan. Fungsinya benar-benar digunakan yaitu untuk mengurangi kecepatan kendaraan baik saat turun jalan atau akan berhenti. Maka kondisi rem harus tetap prima. Namun, rem juga tidak lepas dari beberapa masalah. Masalah yang sering terjadi adalah rem tidak "pakeum" karena kampas rem menipis. Penyebab tidak pakeum nya rem juga bisa disebabkan oleh adanya gelembung udara dalam sistem. Jika ini terjadi solusinya hanya bleeding saja. Saya telah memberikan metode pada posting sebelumnya, yaitu bagaimana cara mengatasi rem yang tidak pakem. Tetapi beberapa pengendara motor juga mengalami rem keras sehingga sulit untuk mencengkramnya.

Penyebab rem depan yang keras pada umumnya adalah master rem yang ada di piston. Kekerasan rem adalah karena piston rem di master kotor atau rusak. Maka dari itu solusinya adalah dibongkar dan kemudian dibersihkan atau diganti dengan yang baru. Untuk melakukannya sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Inilah langkah-langkahnya
  1. Pertama, tolong buka tuas rem terlebih dahulu
  2. Hapus tutup master atas
  3. Lepaskan klem pengunci piston rem
  4. Tarik keluar piston
  5. Bersihkan dengan udara bertekanan
  6. Ganti dan tambahkan minyak rem
Nah itulah penyebab rem depan yang keras dan cara mengatasinya. Namun perlu diingat, cairan rem tidak boleh mengenai cat motor karena bisa merusak. Untuk itu agar lebih aman, Anda dapat terlebih dahulu melepas master rem dari dudukannya. Sebelum menginstal ulang, periksa kondisi piston dan karet terlebih dahulu. Jika rusak, silakan ganti dengan yang baru. Harganya juga cukup murah yaitu sekitar Rp. 60 ribu. Tetapi jika Anda tidak yakin Anda melakukannya sendiri, tidak perlu memaksakannya, bawalah ke bengkel terdekat.

0 Response to "Penyebab Rem Depan Keras dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment