Inilah cara mengatur kopling manual dan hidraulik, mudah!

Inilah cara mengatur kopling manual dan hidraulik
Cara Menyeting Kopling Manual dan Hidraulik - Kondisi kemacetan lalu lintas sering membuat pengguna mobil dengan transmisi manual sering kali mengeluh. Kaki kiri terasa sakit karena harus menginjak kopling saat memindahkan gigi transmisi berulang kali. Terlebih jika pengaturan pedal kopling tidak pas, pasti kaki-kakinya semakin sakit. Jika pedal terlalu tinggi, maka kaki akan menahannya lebih keras. Tetapi jika terlalu rendah, perpindahan gigi juga tidak optimal. Untuk itu pedal kopling perlu disesuaikan sehingga nyaman saat diinjak dan tidak membuat kaki sakit.

Pengaturan kopling sebenarnya bisa dilakukan di rumah baik jenis manual yang masih menggunakan kabel atau tipe hidrolik. Tetapi Anda harus dapat membedakan keduanya. Karena meskipun keduanya mudah dilakukan, memiliki cara yang sedikit berbeda. Jika Anda sudah mengetahui perbedaannya, mari kita lihat langkah-langkah di bawah ini:

Cara Menyetting Kopling Manual dan Hidraulik

Pertama-tama setelah jarak pedal kopling sesuai keinginan. Untuk para pengguna mobil kopling manual seperti Toyota Avanza, Anda dapat mengubah baut penyetel di bagian gearbox. Putar kiri untuk meningkatkan ketinggian main pedal dan sebaliknya. Sementara untuk tipe hidrolik seperti Toyota, Anda harus bekerja lebih banyak. Karena tuner berada di bawah kemudi sehingga Anda harus ngolong dulu. Carilah tuas penutup master. Kendurkan ke kiri untuk mengurangi atau berbelok ke kanan untuk meningkatkan ketinggian pedal.

Khusus untuk kopling hidraulik, pedal kopling akan memiliki pegas saat mengurangi jarak memainkan pedal kopling. Sekarang untuk mengatasi ini, cukup putar baut untuk menyesuaikan menggunakan kunci 14 mm. Dan perlu diingat bahwa ketika Anda telah selesai mengatur jarak bermain pedal kopling hidrolik, ada kemungkinan bahwa pedal kopling tidak sejajar dengan pedal rem. Ini normal, jadi Anda tidak perlu panik.

Bagaimana caranya mudah menyesuaikan kopling manual dan hidraulik ini? Jadi, jika kaki Anda mulai sakit karena ketinggian pedal tidak normal tinggal setting sendiri di rumah. Anda dapat menghemat lebih banyak karena Anda tidak membelanjakan uang. Semoga berhasil, semoga berhasil.

0 Response to "Inilah cara mengatur kopling manual dan hidraulik, mudah!"

Post a Comment