Cara Bersihkan Injektor Motor Anda Sendiri, Praktis dan Mudah

Langkah Bersihkan Injector Motor- Pada motor dengan sistem injeksi, injektor adalah komponen yang memiliki fungsi yang sangat vital. Fungsi injektor tidak lain adalah menyemprotkan dan menyalurkan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Bisa dibayangkan jika proses penyemprotan terganggu atau tidak maksimal maka efeknya bisa mempengaruhi performa mesin. Entah tersendat, kurang menarik atau lebih buruk mesin tidak bisa hidup. Untuk itu rajin melakukan servis di bengkel resmi. Tetapi jika Anda ingin membersihkan injektor sendiri, sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk melakukannya di rumah. Pertimbangkan cara praktis berikut ini.
Cara Bersihkan Injektor Motor Anda Sendiri, Praktis dan Mudah

Cara mudah membersihkan injector motor

1. Dengan Pembersih Karbon

Cara yang paling praktis adalah menggunakan Carbon Cleaner seperti Yamalube Carbon Cleaner. Hanya mencampur bahan kimia ke dalam tangki bensin, kotoran pada injektor akan terkikis. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu hanya mencampur cairan dalam tangki yang sudah mengandung bensin antara 3,5 liter dan 5 liter dan melakukannya setiap 3000 km.

2. Dengan "Infus"

Banyak bengkel resmi mulai menawarkan pembersihan injektor dengan cara ini. Proses ini menjadikan cairan pembersih karbon sebagai bahan bakar dan disuntikkan menggunakan alat khusus seperti infus. Jadi selang bahan bakar dihilangkan lalu dihubungkan dengan tabung khusus yang diisi dengan carbon cleaner. Tabung diberi udara bertekanan dari kompresor untuk menyisipkan pembersih karbon ke dalam ruang bakar. Mesin dihidupkan saat sedang digas. Metode ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit, sampai cairan habis dan mesin akan mati secara otomatis. Metode ini bisa dilakukan setiap 10.000 km.

3. Dengan Clener Injector

Cara membersihkan injektor motor terakhir ini memang cukup rumit dan hanya bisa dilakukan di bengkel. Ini karena injektor harus dilepas dan kemudian dimasukkan ke alat yang disebut injector cleacer & tester. Setelah dimasukkan ke dalam alat, maka akan diketahui berapa besar debit atau tekanan dari injektor. Jika kurang dari standar, kemungkinan besar itu dapat disebabkan oleh injektor kotor. Jika kotor, maka injektor akan direndam dengan cairan khusus dan diberi getaran ultrasonik untuk menghilangkan kotoran di dalamnya.

Jadi begitulah cara membersihkan injektor motor. Jika ingin praktis dan bisa dilakukan di rumah, Anda bisa menggunakan metode pertama. Tetapi jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal dan kotoran di injektor benar-benar hilang, Anda dapat memilih metode kedua atau ketiga yang dapat dilakukan di bengkel.

0 Response to "Cara Bersihkan Injektor Motor Anda Sendiri, Praktis dan Mudah"

Post a Comment